Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul

Bantul Sehat 2010

Posyandu Plus Plawonan

Posted by Admin pada 5 Mei 2009

100_1116Agus Haryanto, Puskesmas Sedayu I-Pusat Kesehatan Masyarakat menjalankan empat fungsi yakni Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif. Sebagai unit yang paling dekat dengan masyarakt di jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Puskesmas Sedayu I selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama pada aspek Promotif dan Preventif. Salah satu upaya tersebut adalah melalui kegiatan posyandu. Posyandu di bentuk oleh masyarakat dan diperuntukkan bagi masyarakat itu sendiri. Peran Puskesmas adalah sebagai mitra kerja dalam upaya menuju masyarakat yang sehat. Diwilayah kerja Puskesmas sedayu I yang terdiri dari 27 dusun terdapat satu dusun yang telah mengembangkan kegiatan Posyandu Plus yaitu di Dusun Plawonan.

Pada hari Minggu tanggal 26 April 2008 yang lalu, dilaksanakan kegiatan Posyandu Plus. Posyandu Plus merupakan pengembangan posyandu melalui rujukan mitra keluarga yang menghasilkan 5 pelayanan di posyandu dengan penambahan (Plus ) pada konseling mitra keluarga serta dengan pengaturan waktu buka yang sesuai kebutuhan masyarakat.

Filosofi yang diterapkan pada posyandu plus “One Stop Shoping” yang dimaksudkan adalah ketika salah satu anggota keluarga membutuhkan pelayanan kesehatan atau konseling maka anggota keluarga yang lain bisa melakukan kegiatan refreshing, bermain, atau kegiatan lain yang dibutuhkan oleh keluarga mereka.

Kegiatan di Posyandu Plus antara lain : Posyandu Balita, Posyandu lansia, BKB (Bina Keluarga Balita),PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini),Penyuluhan, Batra (Pengobat Tradisional), Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga). Berbagai kegiatan tersebut berada dibawah koordinasi Komite Kesehatan Dusun. Menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi kader posyandu di dusun Plawonan melihat begitu antusias masyarakat dalam memanfaatkan kegiatan Posyandu Plus.

Disini peran kader menjadi sangat penting, ketika ditengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga tapi juga dapat mengambil peran yang signifikan di posyandu. Di masyarakat kader adalah rujukan pertama dalam mencari solusi bagi masalah kesehatan yang sedang dihadapi.

Dalam kegiatan tersebut juga hadir bapak Sambudi Riyanta selaku Camat di Sedayu dan juga dr. Sistia Utami selaku kepala Puskesmas Sedayu I.

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d blogger menyukai ini: